Categories
InternetMarketing

Tips Jitu Jualan di Instagram dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Berjualan di Instagram merupakan salah satu peluang usaha online dengan modal minim. Instagram memiliki jangkauan yang lebih luas dengan fitur promosi yang bervariatif. Tak mengherankan jika banyak orang memilih berjualan di Instagram untuk memperbesar bisnisnya. 

Jika Anda belum mengoptimalkan Instagram untuk media promosi, inilah saatnya untuk mencoba dan memperbesar pangsa pasar. Berikut cara jualan di Instagram yang perlu Anda ketahui. 

Cara Jitu Jualan Via Instagram

  1. Optimalkan Profil Bisnis

Faktanya, profil Instagram memiliki pengaruh yang sangat besar dalam digital marketing. Ibarat kata, profil Instagram adalah home page untuk bisnis online. Sebagaimana layaknya homepage sebuah website, feed Instagram pun harus terlihat menarik. 

Ada tiga poin utama yang jadi pertimbangan dalam menciptakan profil yang menarik. Pertama, foto profil Instagram haruslah relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Foto profil bisa berupa logo bisnis Anda.

Kedua, bio Instagram haruslah menyertakan deskripsi yang jelas. Informasi dalam bio Instagram inilah yang akan mempermudah audiens dalam mengenali bisnis yang Anda jalankan. Ketiga, cantumkan link marketplace toko Anda ke dalam profil Instagram. 

2. Gunakan Instagram Ads

Selain profil bisnis, Anda dapat menggunakan Instagram Ads untuk memaksimalkan pemasaran digital di media sosial. Metode ini dapat Anda gunakan untuk menyasar audience secara lebih akurat sesuai dengan target Anda. 

Meski demikian, diperlukan biaya untuk menggunakan fitur Instagram ini. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Instagram Ads, tentukan lebih dulu berapa budget-nya, berapa lama iklan tersebut, dan di mana Anda ingin iklan itu dilihat. 

3. Buat Caption yang Menarik

Mempercantik feed Instagram saja tidaklah cukup, sebab Anda butuh caption yang menarik untuk cara jualan di Instagram. Caption Instagram dapat membangun engagement dengan audience dan berfungsi sebagai call to action. 

Karena fungsinya yang penting, membuat caption tidak boleh asal-asalan. Supaya lebih menarik, buatlah caption dengan cara menyimpan informasi penting terlebih dahulu, ceritakan kisah merek tersebut, dan pertimbangkan struktur kalimatnya. 

Kesalahan Dalam Digital Marketing Via Instagram

  1. Gagal Memaksimalkan Followers

Followers banyak memang menguntungkan, tapi percuma saja jika gagal memaksimalkannya. Oleh sebab itu, ajaklah followers berinteraksi dalam setiap promosi. 

2. Promosi Secara Berlebihan

Postinglah promosi secara teratur dan tidak berlebihan. Terlalu banyak promosi lewat konten Instagram ternyata bisa membuat followers terganggu. Akibatnya, jumlah followers organik bisa berkurang. 

3. Kurang Fokus Pada Kualitas Konten

Konten Instagram memegang peranan penting dalam digital marketing. Tapi sayangnya, tidak semua pelaku bisnis fokus pada kualitas kontennya. Padahal, ketika menemukan postingan yang menarik, pengguna Instagram cenderung akan tertarik. 

Sebaiknya hindari kesalahan dalam mempromosikan produk di Instagram agar bisnis Anda dapat semakin berembang. 

Leave a Reply